• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday146
mod_vvisit_counterYesterday669
mod_vvisit_counterThis week6283
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month815
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days237349

We have: 8 guests online
Your IP: 3.235.101.50
 , 
Today: Oct 02, 2020

Pengaruh Penambahan Pektin Kulit Buah Kakao Terhadap Sifat Sensorik Cokelat Batang

PDF Print E-mail

Coklat batang adalah salah satu produk yang terbuat dari biji Kakao. Namun sayangnya terdapat satu masalah pada produk ini, yaitu mudah meleleh pada suhu ruangan tertentu. Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fadhlan dkk, dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Universitas Halu Oleo mengenai pengaruh penambahan pektin terhadap sifat sensorik cokelat batang. Hal ini dikarenakan masalah tekstur coklat batang dapat diperbaiki dengan memanfaatkan pektin yang diekstrak dari kulit buah.

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari hubungan keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) non-faktorial. Penelitian ini terdiri atas 4 perlakuan, yaitu penambahan pektin 0%; 0,5%, 1%, dan 1,5% dari berat pasta kakao. Variabel pengamatan terdiri atas analisis sifat sensorik (meliputi warna, aroma, rasa, dan tekstur). Data dianalisis menggunakan Analisis Ragam (ANOVA), apabila berpengaruh nyata terhadap variabel pengamatan, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf kepercayaan 95%.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penambahan pektin kulit buah kakao berpengaruh nyata terhadap warna, aroma, dan rasa cokelat batang, serta berpengaruh sangat nyata terhadap tekstur cokelat batang. Perlakuan P3 (penambahan pektin 1,5%) merupakan perlakuan yang paling disukai panelis dengan skor penilaian kesukaan terhadap warna sebesar 4,38 (suka); aroma sebesar 3,96 (agak suka); tekstur sebesar 4,11 (suka); dan rasa sebesar 4,11 (suka).

Source: http://ojs.uho.ac.id/index.php/jstp/article/view/3867, J. Sains dan Teknologi Pangan Vol. 2, No.6, P. 911-919, Th. 2017. Fadhlan Fajri, Tamrin, Nur Asyik, Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Universitas Halu Oleo.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish