• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday191
mod_vvisit_counterYesterday523
mod_vvisit_counterThis week3823
mod_vvisit_counterLast week7749
mod_vvisit_counterThis month17836
mod_vvisit_counterLast month32252
mod_vvisit_counterAll days807408

We have: 12 guests online
Your IP: 54.161.116.225
 , 
Today: Oct 20, 2018

Rahasia agar Petani Kakao Sejahtera

PDF 

http://1.bp.blogspot.com/-PkW8HaCD8Bs/UpzVBqQbPvI/AAAAAAAAACw/T8T5LkD3eKc/s1600/cocoa.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Fenomena yang unik pada kakao adalah para penikmat kakao tidak jarang adalah orang yang paling kaya di muka bumi ini namun petani kakao tidak jarang adalah mereka yang hidup dalam kemiskinan. Kondisi demikian disebabkan sejumlah masalah struktural.

Permasalahannya antara lain banyak petani yang mengelola kebun secara spot-spot sehingga tidak memenuhi skala ekonomi. Selain itu pengelolaan kebun tidak sesuai standar teknis dan masih fokus pada satu sumber pendapatan.

Oleh sebab itu menurut Kakao Indonesia ada beberapa strategi untuk meningkatkan kesejahteraan petani berdasarkan pengalaman sejumlah petani kakao sukses di sejumlah provinsi.

Pertama, pengelolaan perkebunan secara kolektif melalui kelembagaan ekonomi. Sehingga luas areal petani yang sifatnya spot-spot dapat dikelola dalam basis kluster. Adapun pengelolaan kebun ini harus dilakukan dengan SOP yang sama dengan seorang supervisior. Buat petani yang tidak bisa mengelola kebunnya dapat dilakukan oleh tenaga yang ditugaskan merawat kebun.

Kedua, penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat. Dengan adanya sebuah lembaga ekonomi dimana masyarakat dapat menghimpun dana hingga ratusan juta atau milyaran rupiah (asumsi 1 desa ada 200 KK dan masing-masing KK menyumbang atau menyimpan 1 juta maka sebuah kelembagaan petani memiliki dana hingga Rp. 200 juta). Dana tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan bargain position terhadap perusahaan pupuk atau perbankkan untuk memberikan bantuan kredit. Sehingga petani memiliki modal kerja untuk merawat kebun dan meningkatkan akses terhadap sarana produksi.

Ketiga, pengembangan diversifikasi usaha. Ini bisa diwujudkan dengan mengembangkan agrowisata dan agroindustri. Sehingga petani bisa mendapatkan penghasilan selain dari hasil penjualan biji namun juga dari tourisme dan produk turunan.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish