• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1693
mod_vvisit_counterYesterday1032
mod_vvisit_counterThis week4973
mod_vvisit_counterLast week6848
mod_vvisit_counterThis month21301
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days257835

We have: 21 guests online
Your IP: 3.237.186.116
 , 
Today: Oct 21, 2020

Pemanfaatan Alat Seadanya untuk Mengolah Coklat

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Beberapa petani menilai jika coklat kurang banyak yang mengolah menjadi barang, lantaran alat untuk mengolah coklat cukup rumit dan mahal. Namun faktanya, hal tersebut bukanlah hambatan untuk memajukan petani coklat Indonesia. Terlebih, petani juga tidak dituntut untuk membuat coklat layaknya coklat ala Eropa sehingga ada baiknya jika petani menyesuaikan pengolahan coklat dengan alat yang dimiliki.

"Coba kita buat produk sederhana yang bisa dikelola petani dan gak mesti seperti cokelat Belgia," ucap salah satu peserta dalam diskusi virtual bersama petani coklat Indonesia.

Pasalnya hal tersebut setelah dilakukan oleh salah satu petani Kakao dimana dia mencoba membuat bubuk coklat dengan cara ditumbuk lalu diperas layaknya membuat bubuk kopi.

 

Di Afrika sendiri terdapat petani yang membuat coklat hanya menggunakan alat sederhana, seperti blender, panci dan lain-lain, lalu dijual dengan label natural produk with nibs.

Sehingga, dapat dikatakan jika hal tersebut bukanlah hal yang mendasar untuk mengolah coklat menjadi sebuah produk yang bagus. Mungkin para petani juga bisa memanfaatkan produktivitas lahan secara maksimal dengan mengintegrasikan kluster kakao dengan komoditas perkebunan atau pertanian lainnya.

"Dengan pola polikultur maka ketahanan agribisnis berbasis kluster kakao akan kuat. Di sisi hilir kelompok petani juga bisa memulai produksi cokelat skala IKM/RT untk mendapatkan income tambahan dan membangun ikatan emosional petani terhadap tanaman kakao." imbuh Agung Wahyu (29/8)

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish