• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1734
mod_vvisit_counterYesterday1032
mod_vvisit_counterThis week5014
mod_vvisit_counterLast week6848
mod_vvisit_counterThis month21342
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days257876

We have: 14 guests online
Your IP: 3.237.186.116
 , 
Today: Oct 21, 2020

Tantangan Memajukan Perkebunan Kakao Indonesia

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kakao termasuk salah satu komoditas perkebunan besar dan strategis di Indonesia. Meski tercatat dalam data ICCO kakao Indonesia kini berada pada urutan ke enam di dunia, tapi masih sangat banyak masyarakat yang menaruh harap pada komoditi ini agar dapat mensejahterakan petaninya.

Namun sayangnya, rencana tidak selalu berjalan mulus. Produktivitas kakao pernah merosot lantaran kualitas tanaman yang kurang baik. Pasalnya ada beberapa tantangan yang harus dilalui oleh Indonesia mengenai kakao.

"Yang terberat bagi perkebunan Indonesia yang terkait dengan perkebunan Kakao adalah regulasi," ucap Pak Dedy dalam pembahasan awal pada Webinar Hari Kakao Indonesia (16/09/2020).

Regulasi sendiri merupakan suatu peraturan yang dibuat untuk membantu mengendalikan suatu lembaga atau organisasi, kelompok serta masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Ia mengungkap jika regulasi antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan harus memiliki visi yang sama, yaitu meningkatkan produktivitas kakao serta memajukan perkebunan kakao Indonesia. Ia juga mengungkap bahwa perkebunan kakao Indonesia harus memiliki arah yang tepat.

Tentunya masyarakat juga harus berkontribusi dalam pengembangan perkebunan kakao Indonesia. Misalnya dengan mengajak universitas atau perguruan tinggi di wilayah perkebunan kakao untuk membagi teknologi dan informasi yang lebih baik. Ia juga berharap jika Kakao atau coklat yang terkenal dengan lambang romantisme atau kasih sayang dapat terwujud untuk petani perkebunan kakao Indonesia.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish