• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday645
mod_vvisit_counterYesterday820
mod_vvisit_counterThis week6051
mod_vvisit_counterLast week7251
mod_vvisit_counterThis month25239
mod_vvisit_counterLast month40295
mod_vvisit_counterAll days782559

We have: 33 guests online
Your IP: 54.162.159.33
 , 
Today: Sep 20, 2018

Pengelolaan Perkebun Kakao Petani Harus Kolektif

PDF 

LAMPUNG-KAKAO INDONESIA. Banyak pihak yang menganggap bahwa persoalan perkebunan kakao hanya semata-mata masalah teknis budidaya. Padahal yang sesungguhnya tantangan terbesar ada pada manajemen pengelolaan kebun.

Menurut Aris Alfi, petani asal Lampung Timur, pengelolaan kebun petani harus dilakukan secara kolektif mengikuti standar yang sama. Pendekatannya bisa tingkat desa atau beberapa desa namun menjadi satu cluster dengan wadah kelembagaan petani berupa koperasi atau GAPOKTAN.

Dengan adanya sistem pengelolaan secara kolektif maka manajemen kebun petani layaknya perusahaan dapat diterapkan. Makanismenya adalah dengan menerapkan SOP sistem budidaya, lalu ada satu orang yang ditunjuk sebagai manajer dan beberapa petani sebagai supervisior. Lalu petani didorong untuk mengelola kebunnya sesuai dengan SOP.

Kemudian hasil petani dikumpulkan dan diolah secara kolektif sehingga mutunya dapat distandarisasi. Hanya dengan strategi ini produk dengan mutu yang baik dapat dihasilkan dalam skala ekonomi. Menurut Aris Alfi sistem ini tengah ia terapkan di Lampung Timur dan berhasil mengembangkan perkebunan kakao secara klonal sekaligus mengantarkannya sebagai wakil petani Indonesia pada pertemuan ICCO di Belin Jerman

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish