• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday56
mod_vvisit_counterYesterday814
mod_vvisit_counterThis week5671
mod_vvisit_counterLast week5188
mod_vvisit_counterThis month16325
mod_vvisit_counterLast month27618
mod_vvisit_counterAll days256721

We have: 11 guests online
Your IP: 3.234.208.66
 , 
Today: Feb 22, 2020

Perlukah Pemupukan Saat Tanaman Kakao Rusak?

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Dalam bertani memang terbilang gampag-gampang susah. Karena banyak faktor yang dapat memberikan hasil panen yang melimpah, ataupun hasil yang tidak sesuai harapan. Seperti kisah Umar petani kakao dari Kalimantan yang resah dengan pohon kakao miliknya. Jika sudah begini apa bisa diberi pupuk?

Tanaman kakao milik Umar yang berumur 4-5 tahun membuatnya resah karena khawatir tidak mampu menghasilkan kakao yang bagus saat panen. Kalau sudah begini, apakah bisa diberi pupuk untuk menghasilkan buah kakao yang bagus?

Menurut Munir salah satu petani kakao dari Blitar, berpendapat bahwa hal tersebut ada solusinya yaitu dengan pemberian pupuk selama tiga bulan sekali, agar pohon kakao tidak telat menghasilkan buah, kakao juga boleh disemprot dua bulan sekali agar mendapatkan hasil yang optimal. Dijamin hasil panen berlimpah.

Dalam perawatan kakao memang diperlukan keahlian dan informasi yang cukup guna mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Buah kakao yang terlihat kurang bagus ataupun khawatir jika kakao tidak siap panen bisa diatasi dengan diberi pupuk supaya hasil buahnya tidak kempis, imbuhnya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish