• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday197
mod_vvisit_counterYesterday669
mod_vvisit_counterThis week6334
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month866
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days237400

We have: 11 guests online
Your IP: 3.235.101.50
 , 
Today: Oct 02, 2020

Penyebab Malformasi Tunas Ranting Kakao

PDF Print

YOGYAKARTA-KAKAO INDONESIA. Para peneliti dari Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada mencoba melakukan penelitian terhadap malformasi tunas ranting kakao. Sebagaimana kasus yang ditemukan di pertanaman kakao PT Pagilaran di Samigaluh, Kulon Progo, DIY dan Segayung, Jawa Tengah.

Gejala penyakit ini ditemukan di tanaman muda, tanaman yang sudah produktif, tanaman tua atau pembibitan. Dimana tangkai daun membengkak serta bagian ranting yang tumbuh pada bagian pangkal tunas. Selain itu pertumbuhan daun tidak simetris serta keriting.

Gejala lanjut yang dialami yaitu pertumbuhan daun merosot dan pertumbuhan tanaman jadi terhambat. Banyak ranting tanaman buah yang terserang dan membentuk cabang yang banyak serta ditumbuhi daun kecil.

Penyakit ini bisa tersebar dengan luas di perkebunan dan menyebabkan gejala yang lebih parah. Sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui penyebabnya dan cara tepat pengolahannya. Penelitian yang dilakukan yaitu penularan menggunakan Planococcus sp., aplikasi insektisida serta penyambungan tanaman sehat dengan ranting yang bergejala.

Nyatanya penularan dengan penyambungan serta penularan menggunakan serangga tidak membuat tanaman bergejala. Dilakukan pula memotong tunas sakit lalu disemprot menggunakan insektisida, dan hasilnya tunas muda tumbuh tidak menunjukkan gejala malformasi. Diduga kuat jika malformasi pada tunas dan ranting kakao disebabkan oleh racun melalui serangga.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish