• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday214
mod_vvisit_counterYesterday669
mod_vvisit_counterThis week6351
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month883
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days237417

We have: 13 guests online
Your IP: 3.235.101.50
 , 
Today: Oct 02, 2020

Melirik Kinerja Klon MCC 02 di Kebun Petani

PDF Print

KENDARI-KAKAO INDONESIA. Ternyata klon MCC 02 tidak hanya handal di kebun percobaan, namun juga tetap luar biasa ketika ditanam di perkebunan milik masyarakat. Terbukti dari profil tanaman di laham milik petani asal Sulawesi Tenggara.

Seperti kondisi tanaman asal sambung pucuk yang petani tanam di Desa Meeto, Kecamatan Kodeoha Kolaka Utara. Dalam dua tahun tanaman sudah berbuah lebat. Ukuran buah cukup besar dan bean counting kurang dari 100. Kondisi demikian selaras dengan deskripsi pelepasan varietas MCC 02 yang memiliki potensi produksi 2.8 ton/ha/tahun, bobot biji 1,6 gram dan moderat tahan penggerak buah kakao, tahan penyakit VSD serta busuk buah.

Menurut Usman, pembina petani di Kolaka Utara, kakao MCC 02 dapat mengekspresikan keunggulannya dengan perawatan standar. Selama petani dapat mempertahankan PH Tanah Normal, pemberian nutrisi sesuai kebutuhan tanaman, dan melakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit utama.

Pekebun dapat memperoleh tanaman jenis MCC 02 dari penangkar resmi yang memiliki kebun entres resmi. Umumnya klon unggul ini tersedia dalam bentuk sambung pucuk.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish