• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday193
mod_vvisit_counterYesterday669
mod_vvisit_counterThis week6330
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month862
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days237396

We have: 7 guests online
Your IP: 3.235.101.50
 , 
Today: Oct 02, 2020

Biji Kakao "Seksi" dari Kebun Petani

PDF Print

JAKARTA, INDONESIA - Kualitas biji Kakao Indonesia dinilai masih rendah, hal inilah yang membuat sejumlah pabrik coklat memilih untuk mengimpor biji kakao. Ada beberapa hal yang menyebabkan kualitas biji kakao rendah, salah satunya kurangnya perawatan . Namun persepsi mengenai mutu biji kakao asal petani bermutu rendah, tidak selalu benar. Pasalnya beberapa petani berhasil menghasilkan biji kakao (cocoa bean) bermutu tinggi.

Yohannes, petani di Musi Rawas, Sumatera Selatan mengaku memproduksi biji dengan bean counting 50. Tanaman kakao yang ia tanam berjenis MCC 01 dan 02. Sementara petani di Kolaka Utara, Usman, juga mampu memproduksi biji kakao super dengan bean counting 60, dengan menanam klon yang sama. Adapula Aris Alfi yang menanam kakao berjenis MCC 02, dapat menghasilkan cocoa bean dengan ukuran 60 biji per 100 gram.

Secara umum mereka mengaku jika kondisi hasil yang memuaskan tersebut tidak terlepas dari penggunana benih bermutu berjenis MCC 01 dan MCC 02, serta perawatan yang sesuai dengan kaidah teknis. Dengan perlakuan tersebut, maka tanaman akan berbuah lebih cepat, produksi tinggi dan biji berukuran luar biasa.

Adapun pada biji kakao di Musi Rawas didapatkan dari hasil cokelat singel origin dengan brand Dr Flo. Hal ini membuktikan bahwa biji super itu juga baik dari sisi cita rasa.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish