• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1657
mod_vvisit_counterYesterday1032
mod_vvisit_counterThis week4937
mod_vvisit_counterLast week6848
mod_vvisit_counterThis month21265
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days257799

We have: 18 guests online
Your IP: 3.237.186.116
 , 
Today: Oct 21, 2020

SDM Perkebunan Kakao Perlu Ditingkatkan

PDF Print

LAMPUNG-KAKAO INDONESIA. Perkebunan Indonesia tidak bisa lepas dari komoditi kakao. Bahkan dalam perekonomian nasional kakao memiliki peran penting. Banyak masyarakat yang menggantungkan harapannya pada komoditi ini. Tapi apakah petani sebagai SDM telah benar-benar memahami bagaimana merawat pohon kakao dengan baik?

Menurut Fajar Sasora selaku ketua Asosiasi Petani Kakao Lampung, tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Disana ternyata keadaan kebun kakao tidak seperti yang diharapkan karena kurangnya pengetahuan petani kakao. Sebagian besar kebun kakao rakyat rusak karena pohonnya sudah tua dan harus dibenahi.

“Seperti salah satu Desa di Kabupaten Pesawaran, dari 300 hektar kebun kakao milik rakyat, hanya sejumlah 20% kebun yang terpelihara dengan baik. Dan disepanjang tahun 2020 ini, panen kakao di desa tersebut tidak mencapai 30%. Setelah pengambilan dua kali, banyak pohon kakao yang sudah tidak berbuah lagi. Lalu bagaimana dengan kebun yang tidak terawat dengan baik? Tentu tidak panen” Jelasnya.

Meski pada beberapa tahun lalu pemerintah memberikan 3 alat untuk dipergunakan pada kebun kakao senilai milyaran. Fajar mengaku pada kenyataannya tidak dapat digunakan secara maksimal oleh petani kakao. Karena kurangnya pengetahuan petani dalam penggunaan alat tersebut secara efektif dan efisien. Ia berharap kedepannya agar penyuluhan dilakukan lebih intens dan sesering mungkin guna meningkatkan SDM perkebunan kakao.

Adapun segelintir harapan Fajar dan para petani kakao asal Lampung agar dukungan dari pemerintah untuk dapat memaksimalkan kebunnya di tahun 2021 mendatang. Diantaranya meliputi 3 poin penting, pertama pengembangan: berupa bibit bersertifikat yang sudah disambung. Bibit kakao milik petani mandiri, tapi jika pemerintah bisa membantu maka lebih baik. Kedua, pendampingan: pendamping yang mengerti tentang budidaya kakao secara keseluruhan, berbaur dengan petani tidak hanya menjelaskan secara teoritis. Ketiga, rehabilitasi kebun.

Maka dengan adanya dukungan maksimal dari pemerintah untuk sektor kakao pada tiap daerah ini dan kerja keras dari petani kakao. Maka masa depan sektor andalan perkebunan, kakao akan cerah di masa yang akan datang.

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish