• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1725
mod_vvisit_counterYesterday1032
mod_vvisit_counterThis week5005
mod_vvisit_counterLast week6848
mod_vvisit_counterThis month21333
mod_vvisit_counterLast month29027
mod_vvisit_counterAll days257867

We have: 22 guests online
Your IP: 3.237.186.116
 , 
Today: Oct 21, 2020

Eksistensi Perkebunan Kakao untuk Generasi Millenial

PDF Print

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Dewasa ini banyak generasi milenial yang memilih untuk bekerja sebagai PNS, pekerja kantoran atau lainnya. Hal tersebut bukanlah masalah besar, Namun sayangnya peminat generasi milenial terjun ke perkebunan nasional masih bisa terhitung. Padahal hal tersebut dapat dijadikan sebagai kesempatan yang berpeluang besar dan menguntungkan.

Begitulah dengan Romi, generasi milenial yang berhasil terjun ke dalam usaha perkebunan Kakao yang menjalankan bisnis perkebunan kakao di Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Dalam kanal YouTube Gamal Institute (07/09/2020), Romi membagikan kisahnya yang menginspirasi, mulai dari langkah pertama memasuki usaha perkebunan kakao, kendala awal yang ia rasakan hingga keuntungan yang ia dapatkan.

Romi mengaku awal pertama ia tertarik memasuki usaha perkebunan kakao karena ia melihat potensi dalam perkebunan tersebut, ditambah orang tuanya yang berhasil dan mendukung dirinya. "Ada potensi besar dalam budidaya Kakao ini," ucapnya.

Dirinya masih terbilang baru terjun ke usaha perkebunan Kakao, yaitu sekitar awal tahun 2019. Namun keberhasilannya tidak secara instan ia dapatkan, ia terus belajar mengenai perkebunan Kakao hingga menjadi passion dalam dirinya. Awal mula Ia mencari tahu dan belajar bibit kakao, lalu Ia mencoba melakukan budidaya Kakao dengan cara merawat pohon, memberi pupuk pada pohon kakao dan lainnya.

Untuk kendala yang ia rasakan sendiri tidak terlalu berlebihan, awalnya ia hanya merasa agak aneh karena harus terjun langsung ke perkebunan. Mengingat ia terbiasa bekerja di depan komputer. Namun, seiring perkembangan waktu ia menjadi terbiasa dan senang melakukannya.

"Awalnya agak aneh, adaptasi aja sih sebenarnya, tapi lama-kelamaan ya seru juga lah," pungkasnya.

Adapun keuntungan yang Ia dapatkan terbilang cukup besar, yaitu dalam 2,5 - 3 ha dapat menghasilkan hingga lebih dari setengalh milyar. Terpenting tahu cara merawatnya, menjaga kelembaban serta jangan lupa memberi pupuk pada pohon Kakao agar terus berbunga.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish