• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday53
mod_vvisit_counterYesterday736
mod_vvisit_counterThis week1426
mod_vvisit_counterLast week4265
mod_vvisit_counterThis month11211
mod_vvisit_counterLast month21921
mod_vvisit_counterAll days178553

We have: 25 guests online
Your IP: 3.93.74.227
 , 
Today: Nov 19, 2019

Belajar Buat Cokelat di PPKS Medan

PDF 

MEDAN-KAKAO INDONESIA. Selama ini Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan (PPKS) identik dengan kelapa sawit. Ternyata sejak tahun 2016 Pusat Penelitian di Sumatera tersebut membuka pusat pelatihan pembuatan cokelat.

Menurut Akmal Agustira, Manajer Pengembangan Usaha dan Promosi PPKS, bahwa pengembangan pusat pelatihan cokelat ini merupakan bagian dari pengembangan Scientist Techno House. Dimana pusat pelatihan cokelat menjadi bagian dari edukasi masyarakat terkait produk turunan sawit.

“Dimana kami membuat cokelat menggunakan lemak CPO. Sehingga masih ada kaitan dengan kelapa sawit. Di sini pengunjung dapat melihat proses pengolahan butter dari CPO. Lalu diperlihatkan juga bagaimana mengolah lembak tersebut menjadi cokelat yang lezat dengan bahan cocoa powder, susu dan bahan lainnya”, jelas Akmal.


Gambar. Ruang Pengolahan


Gambar. Produk olahan

Scientist Techno House ini rencananya menjadi pusat edukasi terkait produk turunan sawit serta pelatihan bagi UMKM yang ingin mengolah cokelat berbahan CPO. Para peserta akan dijabarkan cara membuat cokelat menggunakan bahan jadi. “Kami juga akan membekali UMKM yang telah mengikuti pelatihan dengan cokelat compound untuk dijadikan produk olahan”, kata Akmal.

Hingga saat ini pusat perlatihan yang berada di kantor pusat PPKS tersebut telah dikunjungi hampir 1000 orang. Di tempat ini pengunjung tidak hanya diperlihatkan cara membuat cokelat namun produk turunan lainnya berbahan dasar CPO sawit.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish