• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday484
mod_vvisit_counterYesterday698
mod_vvisit_counterThis week5528
mod_vvisit_counterLast week9383
mod_vvisit_counterThis month23099
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days230606

We have: 13 guests online
Your IP: 3.226.248.180
 , 
Today: Sep 25, 2020

Daya Penaung Kakao pada 3 Jenis Tanaman

PDF Print

PALU-KAKAO INDONESIA. Tanaman kakao membutuhkan penyinaran matahari berkisar 50 – 75 % sehingga membutuhkan tanaman penaung. Setidaknya ada 3 jenis tanaman yang lazim masyarakat gunakan sebagai tanaman penaung. Yakni gamal, kelapa dan tanaman buah seperti mangga, rambutan dsb. Lalu seperti apa kemampuan menyaring sinar matahari  ketiga jenis tanaman tersebut?

Penelitian Sub Station Kota Palu terhadap penaung menunjukkan perbedaan daya saring dari  3 jenis tanaman tersebut. Ternyata kemampuan penung sinar matahari terendah adalah tanaman gamal yang meneruskan cahaya 70 %, pohon kelapa 65 % dan buah-buahan 55 %.

Daya penaung tersebut juga berdampak terhadap persentase cahaya yang mencapai permukaan tanah.  Hasil penelitian tersebut menunjukkan jika tanaman kelapa, persentase cahaya yang mencapai permukaan adalah 15 %, gamal 10 % dan buah-buahan 10%. Bandingkan dengan kebun tanpa penaung dimana cahaya yang mencapai permukaan mencapai 30 %.

Gambar. Tanaman Gamal (www.duniasapi.com)

Tidak terdapat perbedaan signifikan dari daya penaung ketiga jenis tanaman tersebut terhadap produksi  tanaman,  yakni berkisar 9 - 20 buah per pohon dan ukuran biji 0,5 - 1 gram per biji kering. Namun, semakin tinggi cahaya matahari yang sampai di permukaan tanah cenderung akan meningkatkan perkembangan gulma yang juga berarti meningkatkan upaya atau biaya petani untuk sanitasi tanaman.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish