• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday679
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week1792
mod_vvisit_counterLast week3832
mod_vvisit_counterThis month11592
mod_vvisit_counterLast month19555
mod_vvisit_counterAll days136511

We have: 16 guests online
Your IP: 34.237.76.91
 , 
Today: Sep 17, 2019

Teknik Membedakan Mutu dan Asal Usul Biji Kakao

PDF 

https://i1.wp.com/freshproducegroup.us/wp-content/uploads/2017/01/Cacao-bean-Fresh-Produce-Group-LLC8.jpg?fit=600%2C600&ssl=1

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kita mungkin jarang menemukan perbedaan rasa antar cokelat yang pernah kita santap. Faktanya, biji kakao dari berbagai sumber, yang merupakan bahan baku cokelat, tidak memiliki aroma yang sama. Seperti halnya kopi, iklim dan lokasi memainkan peran pembentuk cita rasa. Dengan chromatography didapat diindentifikasi perbedaan profil aroma.

Berdasarkan hasil riset di Italia menemukan perbedaan profil aroma menurut lokasi dan jenis tanaman. Hasil penelitian yang diterbitkan di Jurnal Food Research International dengan judul Assessment of volatile fingerprint by HS-SPME/GC-qMS and E-nose for the classification of cocoa bean shells using chemometrics – menggunakan gas chromatography untuk mengidentifikasi dan melakukan fingerprint terhadap lebih dari 100 bahan senyawa dari 44 kulit luar biji kakao.

Para peneliti mengawalinya dengan mengekstrak bahan senyawa. Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan gas chromatography-mass spectrometry. Kemudian ditemukan senyawa aldehid, keton, alkohol dan asam pada sempel yang dapat digunakan sebagai penanda bio untuk membedakan kualitas dan asal usul biji kakao yakni 2-hepanol, 2-methylpropanoic acid, and 2,3,5-trimethylpyrazine. Disebutkan jika GC-qMS dapat menjadi indikator analysis dan klasifikasi biji kakao berdasarkan asal usul dan kualitas.

Dengan adanya penemuan faktor penanda maka biji kakao kemudian dapat diindentifikasi dengan cepat. Tentunya teknologi ini akan sangat bermanfaat dalam pengembangan cokelat spesialty

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish