• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday475
mod_vvisit_counterYesterday698
mod_vvisit_counterThis week5519
mod_vvisit_counterLast week9383
mod_vvisit_counterThis month23090
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days230597

We have: 9 guests online
Your IP: 3.226.248.180
 , 
Today: Sep 25, 2020

Eksplorasi Kakao Klonal Produksi Tinggi

PDF Print

BANDAR LAMPUNG-KAKAO INDONESIA. Teknologi kakao klonal sangat bagus diterapkan dalam pengembangan budidaya kakao untuk menghasilkan kakao produksi tinggi. Maka dari itu peran petani sangat penting untuk ikut berpartisipasi dalam memperkaya plasma nutfah kakao melalui cara eksplorasi dari kebun rakyat yang sangat banyak jenisnya.

Menurus Aris Alfi pendiri Baitu Cocoa yang merupakan lembaga pelatihan petani, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam melakukan eksplorasi. Pohon yang terpilih harus memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit terutama VSD, busuk buah dan PBK, serta memiliki tingkat produksi yang tinggi.

Salah satu petani yang memulai mengeksplorasi klon local adalah Riswanto. Baru-baru ini petani yang berasal dari Lampung Timur sekaligus penggerak komunitas Baitu Cocoa itu mampu menemukan klon yang tahan VSD dan bisa berbuah ­continue. Serta mampu menghasilkan dua kali puncak panen dalam setahun.

Saat ini klon tersebut masih dalam tahap penelitian di kebun Riswanto. Dia berharap klon yang ditemukan nantinya bisa berkembang baik di lingkungan masyarakt dan berguna bagi petani lainnya.

“Jika terbukti memiliki keunggulan, maka klon tersebut kemudian dapat diusulkan untuk dilepas sebagai benih bina, sehingga nantinya dapat disertifikasi dan digunakan secara luas oleh masyarakat”, jelas petani andalan Lampung Timur tersebut.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish