• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday519
mod_vvisit_counterYesterday698
mod_vvisit_counterThis week5563
mod_vvisit_counterLast week9383
mod_vvisit_counterThis month23134
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days230641

We have: 9 guests online
Your IP: 3.226.248.180
 , 
Today: Sep 25, 2020

Diversifikasi Penanaman Kakao

PDF Print

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTlFf2MVx0LuAXHdDk-V5Bne50N0rdAelXiblqbx8sUecWPkRy0

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Diversifikasi Tanaman Merupakan usaha untuk mendatangkan pendapatan bagi pekebun terlebih selama tanaman kakao belum menghasilkan. Dengan kata lain, diversifikasi tanaman merupakan upaya untuk memaksimumkan pendapatan dan meminimumkan resiko.

Pelaksanaan tumpang sari pada tanaman kakao bisa dengan tanaman semusim atau tanaman tahunan. Untuk tanaman semusim diusahakan selama masa persiapan lahan dan selama tanaman kakao belum menghasilkan (tajuk kakao belum saling menutup), atau selama iklim mikro di dalam kebun masih memungkinkan.

Tanaman semusim yang pernah diteliti cukup ekonomis dan tepat untuk diusahakan selama persiapan lahan adalah jagung, kacang tanah, padi gogo, dan wijen. Spesies yang dapat diusahakan selama kakao muda (umur 1-3 tahun) antara lain nilam aceh (Pogostemon cablin), garut (Maranta arundinacea), dan iles-iles (Amorpophallus muelleri). Limbah tanaman semusim dimanfaatkan untuk pakan ternak, pupuk hijau, dan mulsa kakao.

Sementara itu tumpang sari dengan tanaman tahunan dipilih yang memiliki kanopi tidak terlalu rimbun, daun berukuran kecil atau sempit memanjang agar dapat meneruskan cahaya diffus dengan baik. Bukan inang hama dan penyakit utama kakao. Tidak menimbulkan pengaruh alelopati (suatu fenomena alam dimana suatu organisme memproduksi dan mengeluarkan suatu senyawa biomolekul (alelokimia) ke lingkungan dan senyawa tersebut mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan organisme lain di sekitarnya) terhadap kakao.

Komoditas yang banyak dipakai untuk kakao antara lain tanaman pisang, kelapa (Cocos nucifera), dan banyak lagi spesies yang lazim diusahakan di pekarangan, antara lain petai, durian, nangka, sirsak, dll.

Kelapa ditanam dengan jarak 12 m x 15 m, pisang 6m x 6m pada kakao 3m x 3m. ? Pemeliharaan tanaman pisang yang penting adalah pembatasan jumlah anakan, pembersihan rumpun pisang dan pemanfaatan batang pisang untuk mulsa kakao. Setiap rumpun cukup dipelihara tiga batang.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish